Profil Tokoh DEPOK

Maesuti Wiradiharja

Maesuti

Mei 2005

Tokoh Masyarakat Depok Minta Wali Kota Baru Wujudkan Visi Depok

TEMPO Interaktif, Sabtu, 07 Mei 2005

TEMPO Interaktif, Depok:Tokoh masyarakat Depok berharap pemimpin baru dalam pemilihan kepala daerah 26 Juni mendatang, dapat mewujudkan visi Kota Depok. “Tidak hanya menjadi slogan saja,” kata Maesuti Wiradiharja, 60 tahun, salah seorang tokoh masyarakat Depok, kepada Tempo, Sabtu (7/5).

Menurut tokoh yang berdomisili di Kecamatan Sukmajaya itu, pemerintah daerah sebelumnya lebih fokus pada pembangunan fisik. Hal ini tampak pada pesatnya pembangunan di sepanjang Jalan Margonda Raya.

Pemerintah, menurut Maesuti, harus konsisten dengan visinya menjadikan Depok sebagai kota pendidikan, perdagangan, jasa, yang religius dan berwawasan lingkungan. “Bangunlah sektor-sektor yang langsung berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat. Ukuran kesejahteraan masyarakat bukan dari banyaknya mall,” ujarnya.

Index Pembangunan Manusia (IPM) Kota Depok tahun 2003 telah mencapai 76,13. Nilai ini berada di atas rata-rata Jawa Barat yang hanya 72,37. Namun, pria yang katif di lembaga swadaya masyarakat (LSM) itu meminta pemerintah daerah Kota Depok tidak langsung berbangga hati. “Tingginya IPM itu kan karena Depok berdekatan dengan Jakarta, dimana sebagian besar penduduknya mencari penghasilan di kota itu. Jadi IPM tinggi bukan karena Kota Depok,” katanya.

Maesuti menambahkan, masih terdapat kesenjangan pemerataan pendapatan masyarakat Depok.Hal itu ditunjukkan pada jumlah penduduk miskin di Kota Depok yang meningkat dari 37.300 orang di tahun 2000 menjadi 65.000 atau 5 persen dari total penduduk di tahun 2003.

Jumlah itu jauh di atas rata-rata Jawa Barat yang hanya 2,45 persen. Padahal salah satu indikator penilaian IPM tersebut adalah daya beli masyarakat. “Kondisi yang sangat bertolak belakang, dimana daya beli masyarakat meningkat, tapi jumlah masyarakat yang miskin bertambah banyak,” ujarnya.  suliyanti pakpahan

Advertisements

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: